Sondag 12 Mei 2013

Desain Pembelajaran Masa Depan


A.    PENDAHULUAN
Dewasa ini muncul, dan bahkan beberapa yang baik diterbitkan, menjadi panduan berguna untuk memprediksi arah masa depan kemungkinan dalam bidang apapun, desain intruksional (ID) menjadi tidak terkecuali. Memperluas analisis seseorang melampaui isu-isu spesifik yang menjadi perhatian saat ke lapangan memungkinkan pertimbangan kekuatan yang tidak biasanya didiskusikan dalam literatur tetapi yang sering lebih berpengaruh dalam jangka panjang.
Salah satu cara untuk melihat ke masa depan adalah dengan melakukan analisis PEST (politik, ekonomi, sosial, dan teknologi). Analisis PEST adalah bentuk analisis sistem yang menyediakan struktur untuk ujian elemen penting dari sistem yang lebih besar dari yang mereka merupakan bagiannya.

Dalam kasus ini, ID adalah subsistem dari sistem yang lebih besar yang mencakup politik, ekonomi, sosial, dan tehnologi baru yang akan mempengaruhi masa depannya. Bab ini dimulai dengan bagian yang menjelaskan suatu number yang penting tren PEST umum dan khusus, yang diikuti oleh suatu bagian dis ¬ memaki implikasinya bagi masa depan desain intruksional.
Dengan kebutuhan, ini analisis PEST terbatas hanya beberapa kecenderungan yang saya percaya akan memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap ID. Anda mungkin merasa informatif untuk melakukan analisis PEST disesuaikan dengan lingkungan Anda sendiri sebagai sarana untuk memeriksa sendiri atau masa depan yang unik organisasi.
Menurut literatur, nama-nama mata pelajaran atau judul-judul atau pokok bahasan lebih tepat diberi nama “program pelajaran” daripada”kurikulum” karena dari mata pelajaran atau judul-judul tersebut tidak terlihat hasil atau pengaruh “kurikulum” terhadap peserta didik.
B.     PEMBAHASAN
1.         Politik Tren
Di antara kecenderungan politik yang kuat adalah meningkatnya tuntutan publik untuk akuntabilitas dari kedua organisasi pendidikan dan korporasi. Ini adalah baik nasional maupun internasional yang ditunjukkan oleh  undang-undang baru atau peraturan dan didukung dengan denda dan tuntutan hukum seperti yang dari OSHA berkaitan dengan keselamatan kerja.
Politik kedua adalah tingkat tinggi kerjasama internasional antar negara seperti yang disaksikan oleh Komunitas Eropa, G-8, ISO 9000 standar, dan tindakan bersama melawan pemerintah brutal dan represif. Sebuah tren yang kuat ketiga adalah langkah seluruh dunia ke arah bentuk-bentuk yang lebih demokratis dari pemerintah yang akan memerlukan populasi yang lebih berpendidikan menjadi berkelanjutan.
Sebuah tren tertentu di Amerika Serikat adalah meningkatnya jumlah serius pesaing untuk perguruan tinggi dan sekolah-sekolah negeri dalam bentuk universitas perusahaan dan pro-prietary K-I2 sekolah yang membuat penampilan dan mulai mendapatkan klien dan advokat.


2.    Tren Ekonomi
Salah satu tren ekonomi yang paling signifikan adalah pemusatan kegiatan komersial ke sejumlah perusahaan internasional yang sangat besar melalui akuisisi seperti yang terjadi dalam mobil, keuangan, dan sektor minyak bumi.
Kepentingan tertentu untuk desainer instruksional adalah bahwa beberapa lebih menarik start-up sekarang berada di sektor pengembangan pelatihan. Kecenderungan ketiga adalah peran sentral teknologi informasi dalam meningkatkan produktivitas bermain-ity
Pekerja yang tidak memiliki keterampilan ini akan terjebak dalam pekerjaan  dan menjadi korban sering mengangguran. Tiga tren ekonomi tambahan siklus hidup lebih pendek produk, pemasaran niche meningkat, dan sesuaikan dengan  produk dan jasa. Ini semua akan membutuhkan lebih pendek desain-untuk-produksi kali dan jauh lebih baik dukungan pelanggan bagi perusahaan untuk menjadi sukses di masa depan.
3.    Trens Sosial
Keanekaragaman asal etnis sudah mapan, tapi gaya hidup, keluarga dan struktur sosial, dan praktek relizious, Menyeimbangkan kekuatan bahwa keragaman membawa ke suatu masyarakat terhadap potensi untuk mendorong wedges antara kelompok yang menganggap diri mereka bersaing untuk sumber daya, penerimaan sosial, pengakuan budaya, dan kontrol atas nasib mereka merupakan tantangan sosial yang sangat besar
Kemampuan untuk mempertahankan dan menghargai beragam budaya dunia, seperti sekarang kita mulai menghargai keanekaragaman hayati kita, adalah satu bahasan penting dalam agenda sosial global
4.    Tren Teknologi
Kemampuan teknologi siap melebihi kemampuan sosial dan politik untuk mengatasi kesenjangan yang akan berkembang cepat. Misalnya, arti hak cipta dan hak kekayaan intelektual, bagaimana menangani konten kekerasan dan patologis di Internet, dan apa artinya menjadi melek teknologi am semua "baru" pertanyaan yang dibawa oleh kemajuan teknologi digital, Peningkatan jumlah saluran komunikasi.
Implikasi bagi Desain Instruksional
·         Peningkatan Kinerja
·         Alat Intruksional Desain
·         Metode evaluasi
·         Apapun, dimanapun dan kapanpun
·         Sifat, interaksi, adaptasi Lingkungan belajar
·         Dukungan kerja sistem elektronik
·         Proses rancangan pembelajaran alternatif
·         Teori Belajar alternatif

Perubahan individu dan organisasi dan difusi inovasi
·         Analisis Kebijakan dan Penelitian Tindakan
·         Keragaman
·         Penelitian
·         Pelatihan Desain Pembelajaran






C.    Kesimpulan
Bidang ID akan terlihat sangat berbeda di masa depan daripada yang dilakukannya hari ini. Selama tiga dekade terakhir, mereka telah terjadi perubahan inkremental banyak teori dan praktek, tetapi perubahan telah bertahap dan umumnya mudah untuk mengakomodasi.
Sebagian besarnya akan berada dalam bentuk opsi tambahan dan alternatif untuk ID tradisional, mengganti praktik saat ini. Sebaliknya, peluang baru yang menarik banyak.

D.    Referensi
Robert A.Reiser.(2002). Trends and Issues In Intructional Design And Technology.New jersey 075458
Barson, J.(1967) intructional systems development: A demontration and evaluation project: final refort. East lansing. Michigan state university. (ERIC: ED 020 673) 

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking