Maandag 03 Junie 2013
Sondag 12 Mei 2013
MITOS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MITOS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF
(JOHNSON AND JOHNSON,1984:73)
Banyak
asumsi yang tidak benar mengenai pembelajaran kooperatif, mengenai tentang
bagaimana sekolah seharusnya dan bagaimana siswa dilatih untuk melakukan
pembelajaran kooperatif ini. Pembahasan kali ini menyangkut serangkaian pertanyaan berdasarkan asumsi yang salah
dan mengeksplorasi beberapa mitos
tentang sekolah dan mengajar.
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD dan TGT
A. Student Teams Achievement
Division (STAD)
Pengertian
Model STAD yang dikembangkan oleh
Robert Slavin dan kolega-koleganya di Universitas John Hopkin, merupakan salah
satu model yang banyak digunakan dalam pembelajaran kooperatif. Slavin (1995)
menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif dengan model STAD, siswa ditempatkan
dalam kelompok belajar beranggotakan empat atau lima orang siswa yang mempunyai
kemampuan akademik yang berbeda-beda, sehingga dalam setiap kelompok terdapat
siswa yang berprestasi tinggi, sedang, dan rendah. Guru menyajikan pelajaran,
dan kemudian siswa bekerja dalam tim mereka memastikan bahwa seluruh anggota
tim telah menguasai pelajaran tersebut. Kemudian, seluruh siswa diberikan tes
tentang materi tersebut, pada saat tes ini mereka tidak diperbolehkan saling
membantu.
SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
SEJARAH
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Sejarah perkembangan Teknologi Pendidikan telah berlangsung dari waktu yang
lama sekali, banyak pendapat dan kejadian sejarah yang mendasari awal
perkembangan Teknologi Pendidikan, terutama yang berkaitan dengan perkembangan instruksional.
Untuk itu penulis mencoba sedikit menguraikan kembali sekelumit hal yang
berkaitan dengan sejarah perkembangan Teknologi Pendidikan ( pengajaran dan
intruksional ). Sejarah
perkembangan teknologi pendidikan menjadi sangat singkat jika dihitung
bagaimana jabatan dan pola pikir tlah dibawa bersama sama untuk menciptakan
bidang galian dari teknologi pendidikan . peserta didik dari teknologi
pendidikan sepanjang tahun 1960 pada umumnya mengikuti salah satu dari dua
jalur berikut yaitu pendekatan Audio Visual atau belajar terprogram yang masing
masing telah dihubungkan dengan sejumlah kerangka konseptual, adopsi praktis
dari kegitan mereka, pelatihan dan kepribadian mereka.
Penelitian TP
A. Proposal Penelitian Pengembangan
|
Kegiatan yang menghasilkan rancangan
atau produk yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah-masalah aktual. Dalam
hal ini, kegiatan pengembangan ditekankan pada pemanfaatan teori-teori,
konsep-konsep, prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian untuk
memecahkan masalah.
Skripsi, tesis, dan disertasi yang
ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan menuntut format dan sistematika
yang berbeda dengan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan
hasil penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan
penelitian tersebut berbeda. |
Desain Pembelajaran Masa Depan
A.
PENDAHULUAN
Dewasa ini muncul, dan bahkan
beberapa yang baik diterbitkan, menjadi
panduan berguna untuk memprediksi arah masa depan kemungkinan dalam bidang
apapun, desain intruksional (ID) menjadi
tidak terkecuali. Memperluas analisis seseorang melampaui isu-isu spesifik yang
menjadi perhatian saat ke lapangan memungkinkan pertimbangan kekuatan yang
tidak biasanya didiskusikan dalam literatur tetapi yang sering lebih berpengaruh
dalam jangka panjang.
Salah
satu cara untuk melihat ke masa depan adalah dengan melakukan analisis PEST (politik, ekonomi,
sosial, dan teknologi). Analisis PEST adalah bentuk analisis sistem yang menyediakan
struktur untuk ujian elemen penting
dari sistem yang lebih besar dari yang mereka merupakan bagiannya.
Teken in op:
Plasings (Atom)